Program Diploma III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Selasa, 21 Mei 2013

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama


Komputer generasi pertama tercipta saat terjadi perang dunia kedua, pada waktu itu insinyur Jerman bernaman Konrad Zuse 1941 menciptakan sebuah komputer bernama Z3 untuk desain pesawat dan peluru kendali, sementara itu pihak sekutu 1943 Inggris membuat komputer bernama Colossuss tapi komputer ini kurang berkembang karena hanya semata untuk kepentingan militer.
MARK I
Amerika berhasil mengembakan komputer bernama IBM Automatic Sequence Controlled atau Mark I (gambar di atas), dibuat oleh Howard H. Aiken 19000-1973 bekerja sama dengan IBM. ukurannya kurang lebih setengah lapangan sepak bola dan kabel mencapai kurang lebih 500 mil. 1 mil = 1,69 km
Selain itu juga dikekambangkan komputer Electronic Numerical Integrator anda Computer (ENIAC) (gambar bawah) merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Amerika Serikat dengan Universitas Pennsylvania. dibuat oleh John Presper Eckert terdiri dari 70.000 resistor dan 5 juta titik solder.  membutuhkan daya listrik 160 kW komputer ini mampu bekerja 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan Mark I.
ENIAC
John Von Nemuman dari tim Universitas Pennsylvania juga mengembangkan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC)(gambar bawah) dengan sistem memory untuk menampung program dan data.
EDVAC
Remington Rand membuat Universal Automatic Computer I atau yang lebih dikenal dengan nama UNIVAC I yang selanjutnya menjadi komputer komersial pertama
UNIVAC
Teknologi yang digunakan pada era ini adalah tabung vakum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar